Pengertian, Struktur, Jenis dan Fungsi

Neuron - (Selsaraf)

Pengartian neuron (Ser Saraf )

Neuron (jaras) adalah jenis tertentu dari sel yang khusus untuk menyimpan dan mengirimkan informasi Neuron bekerja untuk menerima, memproses, dan memproses stimulasi. memicu aktivitas sel tertentu dan mengaktifkan neurotransmitter dan molekul informasi lainnya


Sel saraf atau yang biasa kita sebut neuron adalah sel yang merupakan satoan kerja utama dalam sistem saraf manusia. System saraf dibentuk oleh jutaan sel saraf.


Sebuah sel saraf memiliki satu badan sel yang memiliki sel saraf dan juga memiliki inti sel.Selain sel saraf, dalam sistem saraf manusia juga terdapat sel glia yang berfungsi sebagai pendukung bagi sel saraf. . Neuron Belgabun Menbentuk Suatu Jalingan Untuk Mengantakhan Impulse (Ransangan). Satu sel saraf tersun dari badan sel, dendrit, dan akson.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Perbedaan Neuron Dan Neuroglia – Struktur, Macam, Bagian, Fungsi, Oligodendrosit, Sel Saraf


Struktur dan Bagian Neuron (Sel Saraf)

Struktur dan Bagian Sel Saraf (Neuron)

Merupakan percabangan dari badan sel yang terlihat seperti tonjolan bercabang.Dendrit berfungsi untuk menerima dan menghantarkan rangsangan dari badan sel.


Badan Sel Merpakhan Bagian Terbesar Dali Sel Saraf Yan Mengandung Banyak Konponen Penting. Di dalam badan sel terdapat nukleus (inti sel), dan nukleolus (Anak inti). Badan sel untuk menerima rangsangan dari dendrit kemudian menarik rangsangan tersebut ke akson (neurit). Butir Nissl dapat menjalankan fungsi tersebut karena mengandung RNA di dalamnya. Badan sel hanya terdapat pada saraf pusat (Otak dan sumsum tulang belkang) dan pada ganglion (sekumpulan sel saraf di luar sistem saraf pusat).


Akson (Neurit) adalah serabut sel saraf panjang yang terlihat seperti penjuluran dari badan sel sel kelenjar. Untuk menjalankan fungsi ini, di dalam neurit terdapat struktur yang disebut neurofibril. Beberapa sel saraf,neuritnya dibungkus oleh sebuah rangkaian yang disebut mielin. kabel tersebut kita sebut degan pemandangan mielin. Ujung dari sebuah neurit biasanya akan berhubungan dengan ujung dendrit dari sel lainnya. Diantara tempat pertemuan neurit dengan dendrit akan ditemukan sebuah celah yang disebut dengan sinapsis.

Baca:  Barisan, Contoh Soal dan Jawaban

Selaput atau selubung mielin adalah membuktikan neurit Selubung mielin tersun dari lemak dan mencegah bocornya impuls serta mendorong hantaran impuls yang masuk.


Sel Schwann adalah sel yang mengelilingi selubung mielin. Nama dari sel ini diambil dari nama penemunya yaitu Theodore Schwaan, seorang ilmuan dari Jerman. Sel schwann akan menghasilkan lemak yang membungkus neurit berkali-kali lipat sampai terbentuknya selubung mielin. Sel Schwann bekerja untuk mengembangkan impuls, menyediakan nutrisi bagi neuri dan membantu regenerasi dari neurit.


Nodus Ranvier adalah bagian antar dua segmen selubung mielin. Nodus Ranvier bekerja sebagai loncatan impuls saraf agar sampai lebih cepat ke tempat tujuan. Nodus Ranvier memiliki Diameter sekitar 1 mikrometer dan ditemukan oleh Louis Antoine Ranvier.


Sinapsi adalah celah yang terdapat pada pertemuan satu neuron dengan neuron lainnya. Setiap sinapsis menyediakan koneksi antar neuron yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antar neuron tersebut. Pada ujung neurit setiap sel saraf terdapat sebuah kantong yang disebut Bulbus Akson, nah kantong inilah yang akan menghasilkan neurotransmitter tadi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Sistem Saraf Manusia – Pengertian, Bagian, Fungsi, System, Fungsinya


Jenis dan Fungsi Neuron (Sel Saraf)

Macam Jenis Sel Saraf (Neuron)

Berdasarkan fungsi, sel saraf dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu sel saraf sensorik, sel saraf motorik dan sel saraf konektor / intermediet.


Neuron (Sel Saraf) Sensorik

Ser Saraf Sensorik

Sel saraf Sensorik adalah jenis sel saraf yang berfungsi untuk menghantarkan impuls dari reseptor di tubeh ke sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Sel saraf ini sering juga disebut dengan sel saraf indra.


Neuron Motorik

Ser Salaf Motrick

Sel Saraf Motorik adalah jenis sel saraf yang berfungsi untuk menghantarkn impuls dari sel saraf pusat ke sel otot atau kelenjar sehingga tubeh akan merespon rangsangan tersebut dengan bergerak atau menghasilkan suatu produk sekresi.

Baca:  500 Nama FF Keren Bucin, Cowok, Cewek, Unik, Simbol, dll

Konektor Neuron (Sel Saraf)

Sel saraf konektor

Sel saraf konektor / intermediet / asosiasi ini merupakan jenis sel saraf yang berfungsi untuk menghubungkan sel saraf motor dengan sel saraf sensori atau berhubungan dengan sel saraf lain yang terdapat di sistem saraf pusat. dan akan membentuk urat saraf sedangkan badan selnya berkumpul di satu tempat untuk membentuk ganglion saraf.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sistem Saraf Otonom


klasifikasi neuron (sel saraf)

Berdasarkan jumlah prosesusnya neuron diklasifikasikan menjadi:

  • neuron unipolar
    neuron unipolar memiliki satu tonjolan yang kemudian bercabang dua dekat dengan badan sel. Satu cabang menuju ke perifer sedangkan cabang yang lain berjalan menuju ssp.
    Contoh: saraf saraf sensorik saraf tulang belakang
  • saraf bipolar
    neuron bipolar memiliki dua tonjolan satu akson dan satu dendrit, contohnya neuron bipolar antara lain adalah sel batang dan kerucut retina
  • neuron multipolar
    neuron multipolar memiliki beberapa dendrit dan satu akson yang dapat bercabang-cabang banyak sekali.salah satu contoh adalah neuron motorik yang berasal dari kornu ventral medulla oblongata dengan aksonnya yang menjulur sampai ke otot rangka

Berdasarkan struktur dan fungsi dan struktur dan fungsi, sel saraf dapat menjadi 3 kelompok, yaitu:

  1. Sensor Sel Saraf
    Fungsi sel saraf sensorik adalah menghantar impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat, yaitu otak (ensefalon) dan sumsum belakang (meduler spinal cord)
  2. Ser Salaf Motrick
    Fungsi sel saraf motorik adalah mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot atau kelenjar yang hasilnya berupa tanggapan tubuh terhadap rangsangan
  3. Ser Saraf Menengah
    Sel ini dapat ditemukan di sistem saraf pusat dan terhubung menghubungkan sel saraf motor dengan sel saraf sensori atau berhubungan dengan sel saraf lainnya yang adadi dalam sistem saraf pusat
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Cari

Baca:  Pengertian, Syarat Menjadi Warga Negara

Sumber: Guru Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.