Ini Peluang untuk Terus Tumbuh

Suara.com – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengemukakan industri perhiasan menjadi salah satu sektor andalan dalam memacu perekonomian nasional melalui sumbangsih devisa dari capaian nilai ekspornya.

Terbukti berdaya saing di kancah global, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan akses pasar bagi pelaku industri perhiasan dan aksesori agar ekspornya semakin menanjak.

“Di tengah dampak Pandemi Covid-19, nilai ekspor perhiasan Indonesia justru meningkat 76% dari USD1,47 miliar di tahun 2020 menjadi sebesar USD 2,59 miliar sepanjang 2021. Data Trademap.org menunjukkan, negara utama ekspor perhiasan dari Indonesia antara lain Swiss (35%), Amerika Serikat (26%), Uni Emirat Arab dan Hongkong (masing-masing 11%), kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Kemenperin juga mencatat, nilai ekspor perhiasan Indonesia meningkat pada semester I tahun 2022 dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Bakajuga:
Heboh Rombogan Emak-emak Pamer Perhiasan Sepulang Haji, Publik: Orang Bugis Emas Segunung juga Dipake

Sepanjang Januari-Juni 2021, ekspor perhiasan industri Indonesia mencapai USD1,23 miliar Angka tersebut melesat hampir dua kali lipat menjadi USD2,37 pada Januari-Juni 2022.

“Trademap.org juga menyatakan pangsa pasar ekspor perhiasan Indonesia ke dunia pada tahun 2021 adalah sebesar 2,5% dan urutan ke-14 dari seluruh negara pengekspor produk perhiasan. untuk terus tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan pangsanya,” papar Menperin.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita mengungkapkan, Indonesia Di Daramunya.

Salah satu upaya Kemenperin mendukung pertumbuhan industri perhiasan dalam negeri adalah memfasilitasi keikutsertaan pada acara perayaan nasional dan internasional.

“Untuk menjaga Momentum pertumbuhan ini, menjaga menjaga iklim usaha yang kondusif, salah satunya dengan memperbaiki pasok industri perhiasan seperti kemudahan akses bahan baku” dan kata Reni.

Baca:  PPDB Kota Depok Jalur Zonasi Jenjang SMP Dibuka Hari Ini Senin 11 Juni, Berikut Persyaratannya

Bakajuga:
Cincin Emas Viking Berusia 1000 tahun Dilelang di Toko Perhiasan Murah, Diduga Milik Suku Terkuat di Zamannya

Upaya lainnya, yang mendorong penurunan tarif masuk perhiasan di negara ekspor melalui pemanfaatan sama perjanjian perdagangan internasional, termasuk mendukung adanya pameran produk seperti JIJF 2022.


Sumber: Suaracom

Leave a Reply

Your email address will not be published.